Tips dan Trik

7 Jenis Olahraga di Rumah untuk Menurunkan Berat Badan

7 Jenis Olahraga di Rumah untuk Menurunkan Berat Badan

Mempunyai tubuh ideal bisa segera kamu wujudkan dengan melakukan salah satu dari tujuh jenis olahraga di rumah untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya berat badan yang ideal, tetapi kamu juga bisa makin produktif, karena olahraga secara rutin bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mengurangi stres berlebih.

Nah, di sini kamu akan tahu tujuh macam olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah saja untuk mendapatkan berat badan ideal. Cek selengkapnya di bawah ini.

7 Jenis Olahraga di Rumah untuk Menurunkan Berat Badan

7 Jenis Olahraga di Rumah untuk Menurunkan Berat Badan

Freepik

Cobalah beberapa olahraga yang ada pada daftar ini untuk maksimalkan penurunan berat badanmu!

1. Lompat Tali

Skipping atau lompat tali sering menjadi opsi olahraga pejuang diet, lo! Sebab, lompat tali terbukti bisa membakar kalori secara signifikan, yaitu 0,1 kalori per lompat. Bahkan, lompat tali dicap sebagai olahraga yang bisa membakar kalori lebih banyak ketimbang jogging.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk rutin olahraga lompat tali, kamu bisa praktikkan tiga langkah mudahnya ini.

  1. Perhatikan sikap saat berdiri.
  2. Rapatkan kaki, lalu coba ayunkan tali dari belakang-bawah ke atas depan.
  3. Tentukan kecepatan lompatan sesuai dengan ritmemu.

2. Planking

Olahraga yang dianggap manjur untuk menurunkan berat badan selain lompat tali adalah planking. Satu sesi planking (satu setengah menit) bisa membakar kalori sebanyak 12 kkal. Apabila kamu bisa melakukan 10 sesi, maka kamu akan dapat membakar kalori sebanyak 120 kkal.

Cukup banyak ‘kan, kalori yang bisa kamu eliminasi dengan satu sesi planking? Jika kamu tertarik untuk segera berlatih, kamu bisa coba praktikkan caranya berikut.

  1. Tengkurap, lalu pelan-pelan angkat tubuh dan tahan dengan siku membentuk 90 derajat di atas lantai.
  2. Pastikan pergelangan tangan berada di depan tubuh. sampai bahu sejajar dengan siku
  3. Tarik bahu ke atas dan kencangkan bokong.
  4. Kencangkan pula perutmu, dan pastikan punggung selalu lurus.
  5. Posisikan kepala menghadap lantai.
  6. Stabilkan pernapasanmu.
  7. Pertahankan posisi selama setengah menit.

3. Lunges

Olahraga di rumah untuk menurunkan berat badan yang mungkin terdengar asing di telingamu adalah lunges. Padahal, lunges bisa jadi olahraga yang oke untuk menjadikan tubuh ideal, lo. Soalnya, dengan mempraktikkan lunges selama 30 menit, badan bisa membakar 275 kalori.

Lumayan banyak, ‘kan? Nah, buat kamu yang memang tertarik untuk mencoba lunges, kamu bisa ikuti lima steps-nya di bawah ini.

  1. Berdirilah tegak dengan kedua kaki terbuka selebar pinggul.
  2. Langkahkan kaki kananmu ke depan, dan tekuk lutut kanan hingga membentuk 90 derajat.
  3. Lekukkan kaki kiri kebawah (seolah akan berlutut) tapi jangan biarkan lutut menyentuh lantai.
  4. Kembalilah ke posisi berdiri semula.
  5. Ulangi gerakan ini sejumlah 10-16 kali per set.

4. Squat

Saat berolahraga untuk menurunkan berat badan, pastikan ada manfaat lain yang bisa kamu raih saat latihan. Misalnya, dengan rutin melakukan squat, kamu bisa melatih otot-otot di kaki dan meningkatkan keseimbangan. Dan apabila kamu berkomitmen melakukan squat sebanyak 100, maka kamu bisa membakar 32 kkal.

Melihat banyaknya manfaat yang bisa kamu raih dengan squat, kamu tentu tertarik melakukannya, ‘kan? Bahkan caranya tidak terlalu sulit untuk kamu lakukan, kok. Berikut lima langkah simpelnya.

  1. Posisikan kaki nyaman, dengan jarak kaki agak berjauhan.
  2. Pastikan bagian dada terbuka dan punggung tetap lurus.
  3. Posisi lutut tidak maju melebihi ujung kaki.
  4. Buat posisi paha sejajar dengan bokong.
  5. Apabila sudah muncul sensasi pada bagian perut, paha, punggung dan bokong, berarti gerakanmu sudah sesuai.

5. Crunches

Jangan lewatkan kesempatan untuk berlatih crunches pada waktu senggang di rumah! Pasalnya, crunches merupakan olahraga di rumah untuk menurunkan berat badan yang cukup mudah dilakukan. Apalagi, crunches berpengaruh besar terhadap berat badan, sebab kalori yang bisa terbakar dengan crunches sebesar 100 kkal.

Supaya kamu bisa dapatkan benefit maksimal dari crunches, coba segera praktikkan saja tiga step mudahnya di bawah ini.

  1. Baringkan tubuhmu pada matras.
  2. Tekuk lutut, dan letakkan kedua tangan di belakang kepala.
  3. Angkat tubuh ke depan hingga lutut, lalu ulangi kembali langkah ini beberapa kali.

6. Piyo Flip

Kalori yang terbakar saat melakukan piyo flip mungkin akan berbeda-beda setiap orang. Namun, rata-rata kalori yang mampu terbakar saat rutin melakukan piyo flip adalah sekitar 250 hingga 400 kkal.

Dengan besaran kalori tersebut, tentu olahraga piyo flip akan melancarkan targetmu untuk segera mendapatkan berat badan ideal. Jadi, kalau kamu memang ingin segera mendapatkan hasil nyata dari olahraga piyo flip, kamu bisa ikuti enam langkah runtutnya di bawah ini.

  1. Posisikan tubuh seperti akan melakukan push-up.
  2. Tekuk lutut kanan hingga 90 derajat.
  3. Angkat tangan kanan dari matras.
  4. Putar tubuhmu sampai wajah menghadap ke atas.
  5. Setelah selesai, lakukan hal yang sama untuk sisi sebelah kiri.
  6. Praktikkan Piyo Flip masing-masing 10 kali (kanan dan kiri)

7. Side Leg Raise

Pilihan olahraga di rumah untuk menurunkan berat badan yang terakhir adalah side leg raise. Sama seperti crunches dan piyo flip, olahraga satu ini hanya mengharuskanmu untuk melakukannya dengan matras yoga. Cukup simpel dan tidak memerlukan alat tambahan lain, jadi tentu praktisnya!

Apalagi, dengan rutin melakukan side leg raise, kamu bisa hilangkan 40 hingga 53 kalori dalam kurun waktu 10 menit. Kalau memang kamu bisa melakukan dengan durasi lebih lama, tentu kalori yang dapat terbakar akan lebih banyak.

Langkah untuk melakukan side leg raise pun tidak terlalu rumit. Kamu bisa praktikkan rincian step di bawah ini, untuk dapatkan hasil maksimal dari olahraga side leg raise.

  1. Rebahkan badan menyamping, dengan tumpuan satu tangan serta kaki.
  2. Angkat kaki satunya ke atas, hingga membentuk sudut 45 derajat.
  3. Lakukan 10 kali hitungan, dan coba untuk mengganti tumpuan kaki pada 10 kali hitungan berikutnya.

Kesimpulan

Meskipun tujuh olahraga di atas bisa kamu coba di rumah saja, bukan berarti olahraga tersebut tidak bisa berperan banyak untuk kesehatan tubuh! 

Untuk kamu yang sibuk beraktivitas mulai pagi hingga sore, tujuh jenis olahraga di rumah untuk menurunkan berat badan di atas sudah jelas mampu membantumu mencapai goals yang kamu tetapkan.

Nah, supaya kamu lebih mudah untuk capai goal menuju berat badan ideal, pastikan kamu punya Bodimax FitScale, alat ukur komposisi tubuh tanpa baterai. Dengan Bodimax FitScale, kamu bisa mengetahui persentase lemak tubuh, persentase otot rangka, hingga kadar lemak visceral.

Dengan begitu, kamu bisa tetapkan target berolahragamu sampai berat badanmu turun secara signifikan. Jangan lupa juga untuk pertimbangkan olahraga yang tidak hanya mampu memberikan keuntungan berupa penurunan berat badan saja, namun juga cari olahraga yang bisa meningkatkan keseimbangan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *