Tips dan Trik

4 Olahraga Diet di Rumah, Cepat Turunkan Berat Badan!

olahraga diet di rumah

Olahraga diet di rumah ternyata bisa dengan mudah kamu lakukan. Dengan rutin melakukan olahraga ini bisa memaksimalkan penurunan berat badanmu lho. Pastinya, harus diimbangi dengan menjaga pola makan yang sehat, rendah lemak, dan tinggi serat.

Tapi, kira-kira kapan sih waktu yang tepat untuk berolahraga?

Pada dasarnya, tidak ada waktu khusus yang bisa dikatakan tepat karena setiap waktu yang kamu luangkan untuk berolahraga sudah pasti baik untuk tubuh kamu. Karena baik olahraga pagi maupun sore hari sama-sama efektif dalam membantu menurunkan berat badan, asalkan dilakukan secara konsisten dan dengan intensitas yang tepat. 

Pilih waktu yang paling sesuai dengan ritme tubuh rutinitas harian, dan kenyamanan pribadi. Yang penting adalah menjaga komitmen dan memastikan tubuh aktif secara teratur. Berikut 4 olahraga diet di rumah yang bisa cepat turunkan berat badan kamu!

Skipping

skipping olahraga diet di rumah

Freepik/Skipping

Skipping adalah salah satu latihan kardio yang sangat efektif untuk diet dan membantu menurunkan berat badan dengan cepat jika dilakukan secara rutin. Selain mudah dilakukan, skipping tidak memerlukan peralatan mahal, sehingga menjadi pilihan yang sangat praktis untuk olahraga di rumah. Skipping juga mampu membakar kalori dalam jumlah yang signifikan hanya dalam waktu singkat, menjadikannya salah satu olahraga yang sangat efisien untuk membakar lemak.

Pasalnya, dalam 15-30 menit skipping, Anda bisa membakar hingga 200-300 kalori, tergantung pada berat badan dan intensitas latihan. Jika dibandingkan dengan olahraga lain seperti jogging atau bersepeda, skipping memiliki tingkat pembakaran kalori yang lebih tinggi dalam waktu yang sama.

Plank

plank

Freepik/Plank

Olahraga satu ini meski terlihat sederhana, ternyata latihan ini sangat menantang dan memberikan banyak manfaat untuk menurunkan berat badan, membentuk tubuh, serta meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.

Meskipun plank bukan latihan kardio yang membakar banyak kalori dalam waktu singkat seperti jogging atau skipping, plank tetap efektif dalam program penurunan berat badan jika dilakukan dengan konsisten. Terutama karena melibatkan otot perut, punggung, bahu, lengan, dan kaki, yang semuanya berkontribusi pada pembakaran kalori.

Jika dilakukan secara rutin dan digabungkan dengan latihan lain, plank bisa membantu meningkatkan pembakaran kalori secara keseluruhan untuk menurunkan berat badan.

Squat

squat

Freepik/Squat

Squat adalah salah satu latihan kekuatan yang terbaik untuk membakar kalori, meningkatkan metabolisme sehingga membantu dalam proses penurunan berat badan. Semakin intens latihan squat yang dilakukan, semakin banyak kalori yang akan terbakar. Meskipun squat bukan latihan kardio, latihan ini tetap dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori yang signifikan, terutama jika dilakukan dengan intensitas tinggi. Bahkan, jika squat digabungkan dengan pola makan sehat dan latihan kardio, kamu bisa melihat penurunan lemak tubuh yang lebih cepat, terutama di area paha, bokong, dan perut.

Lakukan squat secara teratur dalam rutinitas latihan Anda. Latihan ini bisa dilakukan 3-4 kali seminggu sebagai bagian dari program latihan kekuatan atau HIIT (High-Intensity Interval Training). Jika squat dasar terlalu mudah, tambahkan beban seperti dumbbell untuk meningkatkan intensitas dan mempercepat pembakaran kalori.

Kamu bisa mendapatkan Dumbbell dari Bodimax yang sangat cocok untuk berolahraga di rumah. Pilihan warna yang menarik juga bisa menambah semangat dalam berolahraga untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Lunges

lunges

Freepik/Lunges

Lunges merupakan salah satu latihan yang membakar kalori dengan baik dan membantu dalam program penurunan berat badan. Lunges melibatkan beberapa kelompok otot besar pada tubuh bagian bawah, yang membuatnya menjadi latihan yang sangat efisien dalam membakar kalori. Semakin banyak otot yang digunakan, semakin tinggi jumlah kalori yang terbakar. Berikut cara melakukan Lunges yang benar:

  • Berdirilah tegak dengan kaki dibuka selebar pinggul. Tarik bahu ke belakang dan pastikan postur tubuh tegak. Letakkan kedua tangan di pinggul atau direntangkan ke depan untuk keseimbangan.
  • Langkahkan satu kaki ke depan sejauh sekitar satu meter. Pastikan lutut kaki depan tepat di atas pergelangan kaki, dan jangan biarkan lutut melewati ujung jari kaki.
  • Perlahan-lahan turunkan tubuh dengan menekuk lutut kaki depan dan kaki belakang hingga lutut belakang hampir menyentuh lantai. Jaga agar punggung tetap tegak dan pandangan lurus ke depan.
  • Lutut kaki belakang harus turun lurus ke bawah, bukan ke depan. Jaga agar lutut tidak menyentuh lantai, tetapi tetap dekat dengan permukaan.
  • Dorong tubuh kembali ke posisi berdiri dengan menggunakan otot kaki depan. Ulangi gerakan ini dengan kaki yang berlawanan.

Closing

Olahraga untuk diet di rumah bisa kamu lakukan agar cepat menurunkan berat badan. Namun, tanpa diimbangi dengan asupan makanan yang baik, olahragamu bisa sia-sia. Oleh karena itu, sebaiknya olahraga sebelum makan jika ingin membakar lebih banyak lemak tubuh. Ketika berolahraga dalam keadaan perut kosong, tubuh menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi utama karena kadar glikogen (karbohidrat yang disimpan dalam otot dan hati) lebih rendah. Hal ini dapat meningkatkan pembakaran lemak, terutama pada sesi olahraga kardio dengan intensitas ringan hingga sedang.

Tetapi olahraga setelah makan juga bisa dilakukan jika kamu ingin melakukan latihan dengan intensitas tinggi dan durasi yang lebih lama. Jika mengonsumsi makanan sebelum berolahraga, terutama yang kaya karbohidrat, tubuh akan memiliki lebih banyak energi dalam bentuk glikogen. Ini dapat meningkatkan stamina dan performa, terutama untuk latihan intensitas tinggi seperti angkat beban, HIIT, atau lari jarak jauh.

Jadi, olahraga diet di rumah bisa dilakukan tipis-tipis dibarengi dengan menjaga asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh agar tidak berlebihan. Pastikan asupan kamu rendah lemak, rendah karbohidrat, tinggi serat dan protein.

Selamat diet!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *