Tips dan Trik

7 Manfaat Olahraga Sepeda Statis untuk Segala Usia

Sepeda statis adalah cara yang efisien dan efektif dan memiliki menfaat yang banyak seperti membakar kalori dan lemak tubuh sekaligus memperkuat jantung, paru-paru, dan otot Anda.

Dibandingkan dengan beberapa jenis peralatan kardio fitness lainnya, sepeda statis bermanfaat dałam mengurangi tekanan pada persendian namun tetap memberikan latihan aerobik yang sangat efektif.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat latihan sepeda statis yang aman untuk segala usia.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bersepeda adalah cara terbaik untuk memompa darah pada jantung Anda.

Latihan kardiovaskular atau aerobik, seperti bersepeda, bermanfaat dalam menguatkan jantung, melatih paru-paru, dan otot Anda. Bersepeda juga bermanfaat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Beberapa manfaat kesehatan dengan rutin melakukan gerakan kardio bersepeda adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan memori dan fungsi otak
  • Menurunkan tekanan darah
  • Membuat kualitas tidur lebih baik
  • Membuat sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat
  • Membuat suasana hati yang lebih baik
  • Menurunkan tingkat stres
  • Meningkatkan metabolisme dan energi

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tergantung pada intensitas latihan dan berat badan, Anda dapat membakar lebih dari 600 kalori per jam dengan latihan sepeda statis. Ini menjadikan bersepeda dalam ruangan sebagai pilihan olahraga yang sangat baik yang bermanfaat dalam membakar kalori dengan cepat.

Membakar lebih banyak kalori dari apa yang Anda konsumsi adalah kunci dari penurunan berat badan yang efektif.

3. Membakar Lemak Tubuh

Berolahraga menggunakan sepeda statis dengan intensitas tinggi bermanfaat dalam membakar kalori dan menguatkan otot tubuh, yang membantu mengurangi lemak dalam tubuh.

Sebuah Studi pada tahun 2010 menemukan bahwa bersepeda dalam ruangan, dikombinasikan dengan diet rendah kalori, efektif dalam mengurangi berat badan dan lemak tubuh pada peserta penelitian. Selain itu, juga bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Para peserta bersepeda selama 45 menit tiga kali per minggu, dan mereka mengonsumsi 1.200 kalori per hari selama 12 minggu.

4. Olahraga Low-Impact yang Aman untuk Sendi

Latihan sepeda statis merupakan salah satu olahraga yang low-impact karena menggunakan  gerakan halus untuk memperkuat tulang dan persendian tanpa terlalu menekannya. Latihan sepeda statis ini cocok untuk orang-orang yang memiliki masalah persendian atau cedera.

Pergelangan kaki, lutut, pinggul, dan persendian lainnya dapat mengalami banyak tekanan saat berlari, joging, melompat, atau melakukan latihan aerobik high-impact lainnya. Karena kaki Anda tidak terangkat dari pedal dengan sepeda statis, opsi ini lebih baik untuk persendian Anda, namun tetap memberikan manfaat latihan yang menantang dan efektif.

5. Menguatkan Otot Kaki dan Tubuh Bagian Bawah

Latihan sepeda statis bermanfaat untuk membangun kekuatan kaki dan tubuh bagian bawah, terutama jika Anda menggunakan level kayuhan dengan beban yang lebih tinggi.

Tindakan mengayuh dapat membantu memperkuat betis, paha belakang, dan paha depan Anda. Selain itu, bermanfaat juga untuk melatih otot-otot di inti, seperti punggung, dan glutes Anda.

Jika Anda menggunakan sepeda statis sambil memegang stang sepeda dengan gerakan Standing Attack, maka Anda dapat melatih otot tubuh bagian atas, termasuk otot bisep, trisep, dan bahu.

6. Memungkinkan untuk Latihan Interval

Latihan interval memungkinkan Anda untuk mengganti latihan intens yang singkat dengan interval yang lebih lama. Jenis latihan ini dapat bermanfaat untuk membakar lebih banyak kalori dalam waktu yang lebih singkat dan juga meningkatkan kebugaran kardio Anda.

Sepeda statis memungkinkan tingkat resistensi yang bervariasi, sehingga Anda dapat berolahraga dengan intensitas rendah, sedang, atau tinggi.

7. Lebih Aman daripada Bersepeda di Jalan Raya

Bersepeda di luar ruangan bisa menjadi cara yang bagus untuk berolahraga, tetapi ada bahaya tertentu, seperti keadaan infrastuktur jalan yang belum ramah pengguna sepeda, pengemudi yang lalai, permukaan jalan yang tidak rata atau licin, dan jarak pandang yang buruk.

Selain itu, jika cuaca panas dan lembap, atau dingin dan basah, akan sulit untuk mengumpulkan motivasi untuk keluar rumah. Bahkan mungkin tidak aman untuk kesehatan paru-paru jika banyak polusi.

Dengan bersepeda menggunakan sepeda statis di dalam ruangan, Anda tidak perlu mengkhawatirkan lalu lintas, kondisi jalan, ataupun cuaca. Anda dapat berolahraga dengan aman pada suhu yang nyaman setiap saat sepanjang tahun dengan sepeda statis.

Salah satu sepeda statis yang dilengkapi dengan teknologi dan fitur canggih seperti koneksi ke aplikasi bersepeda virtual layaknya outdoor bike seperti ZWIFT dan KINOMAP ini bisa Anda coba dari brand fitnes Korea yaitu Bodimax. Bodimax memiliki 3 rangkaian exercise bike yang berbeda-beda yaitu, Dynamic Bike, New Spinning Bike dan X-Bike.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *